Rangkuman Bab 9 Praktik Lintas Bidang Informatika

 Assalamu alaikum wr. wb. Perkenalkan nama saya Aidan Athaya Arifatmi hari ini saya akan memberi rangkuman materi tentang PLB atau Praktik Lintas Bidang.


Tujuan Pembelajaran

1. Siswa mampu berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputasi. 

2. Siswa mampu mengembangkan artefak komputasi atau suatu produk dengan menerapkan berpikir komputasi 

3. Siswa mampu mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi (produk TIK). 

4. Siswa mampu mempresentasikan dan menjelaskan karyanya, dalam bentuk lisan, tertulis, atau dalam bentuk poster/gambar. 

Di bab ini kita akan membahas tentang Artefak komputasional, Makey-makey, media interaktif lempeng bumi, dan mesin hitung uang koin. 


A. Artefak komputasional

Artefak komputasional merupakan objek yang diciptakan dari hasil berfikir komputasional. Objek dari artefak komputasional bisa beragam bentuknya. Contohnya adalah kode, program, aplikasi, situs web, foto/gambar, audio, video. Pengembangan games yang menarik akan membuat pemainnya terus memainkan games tersebut, media pembelajaran interaktif akan membuat siswa menjadi tertarik dan semakin paham dengan materinya. Pengembangannya juga dapat menggunakan software integrated development tool (IDE), aplikasi video editing, aplikasi perkantoran, 3D drawing, painting, dll.

B. Makey-makey

Makey Makey adalah papan sirkuit elektronis yang ditemukan oleh Eric Rosenbum dan Jay Silver. Eric dan Jay menciptakan Makey Makey karena mereka percaya bahwa setiap orang pada hakekatnya kreatif, inovatif, dan imajinatif serta dapat menciptakan masa depan dan mengubah dunia. Segala sesuatu di sekitar kita dapat digunakan untuk mencipta. Nama makey sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol) ”Make anythink into keyboard”. Makey Makey sendiri adalah papan sirkuit yang dapat dihubungkan ke komputer dan dapat berfungsi seperti keyboard. Kita dapat membuat alat masukan ke komputer dari benda-benda di sekitar kita yang bersifat konduktor. Konduktor merupakan sifat benda yang dapat mengantarkan arus listrik baik itu secara kuat atau lemah. Jadi, segala macam benda di sekitar kita, jika dapat menghantar listrik, dapat berguna sebagai alat masukan ke komputer seperti layaknya sebuah keyboard. Dengan benda ini, kita dapat bermain game menggunakan buah-buahan seperti pisang, tomat, dan apel untuk bermain piano, daun basah untuk bermain game dan masih banyak benda lainnya yang akan kita temukan.






C. Media Interaktif Lempeng Bumi

Bumi bagian terluar terbentuk dari dua lapisan, yaitu litosfer yang terdiri atas kerak bumi dan mantel bumi. Di bawah litosfer, terdapat astenosfer yang berbentuk padat, tetapi bisa mengalir seperti cairan dengan kecepatan yang sangat lambat.Lapisan litosfer terdiri atas lempeng-lempeng teknotik (tectonic plates). Bumi memiliki 7 lempeng utama. Lempeng-lempeng litosfer yang menumpang di atas astenofer bergerak relatif satu dengan yang lainnya batas-batas lempeng sehingga lempeng saling menjauh, bertumbukan, ataupun menyamping. Gempa bumi, aktivitas vulkanik, pembentukan gunung, dan palung laut, pada umumnya terjadi antara di daerah sepanjang batas lempeng. 



D. Mesin Hitung Uang Koin
Aktivitas ini dilakukan untuk mengembangkan artefak komputasional berupa mesin hitung uang koin yang dibuat dengan bahan kardus, rangkaian elektronis yang terhubung dengan Makey Makey dan komputer, dan mengembangkan programnya dengan bahasa Scratch.


Berikut adalah video untuk memperdalam materi PLB :





.Terima kasih







 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rangkuman Algoritma Pemrograman Bab 7 Aidan Athaya Arifatmi 8B/03

Ulangan Harian informatika Aidan 8B absen 03