Rangkuman Bab 9 Praktik Lintas Bidang Informatika
Assalamu alaikum wr. wb. Perkenalkan nama saya Aidan Athaya Arifatmi hari ini saya akan memberi rangkuman materi tentang PLB atau Praktik Lintas Bidang.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputasi.
2. Siswa mampu mengembangkan artefak komputasi atau suatu produk dengan menerapkan berpikir komputasi
3. Siswa mampu mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi (produk TIK).
4. Siswa mampu mempresentasikan dan menjelaskan karyanya, dalam bentuk lisan, tertulis, atau dalam bentuk poster/gambar.
Di bab ini kita akan membahas tentang Artefak komputasional, Makey-makey, media interaktif lempeng bumi, dan mesin hitung uang koin.
A. Artefak komputasional
Artefak komputasional merupakan objek yang diciptakan dari hasil berfikir komputasional. Objek dari artefak komputasional bisa beragam bentuknya. Contohnya adalah kode, program, aplikasi, situs web, foto/gambar, audio, video. Pengembangan games yang menarik akan membuat pemainnya terus memainkan games tersebut, media pembelajaran interaktif akan membuat siswa menjadi tertarik dan semakin paham dengan materinya. Pengembangannya juga dapat menggunakan software integrated development tool (IDE), aplikasi video editing, aplikasi perkantoran, 3D drawing, painting, dll.
B. Makey-makey
Makey Makey adalah papan sirkuit elektronis yang ditemukan oleh Eric Rosenbum dan Jay Silver. Eric dan Jay menciptakan Makey Makey karena mereka percaya bahwa setiap orang pada hakekatnya kreatif, inovatif, dan imajinatif serta dapat menciptakan masa depan dan mengubah dunia. Segala sesuatu di sekitar kita dapat digunakan untuk mencipta. Nama makey sendiri diambil dari kata “make” (membuat) dan “key” (kunci/tombol) ”Make anythink into keyboard”. Makey Makey sendiri adalah papan sirkuit yang dapat dihubungkan ke komputer dan dapat berfungsi seperti keyboard. Kita dapat membuat alat masukan ke komputer dari benda-benda di sekitar kita yang bersifat konduktor. Konduktor merupakan sifat benda yang dapat mengantarkan arus listrik baik itu secara kuat atau lemah. Jadi, segala macam benda di sekitar kita, jika dapat menghantar listrik, dapat berguna sebagai alat masukan ke komputer seperti layaknya sebuah keyboard. Dengan benda ini, kita dapat bermain game menggunakan buah-buahan seperti pisang, tomat, dan apel untuk bermain piano, daun basah untuk bermain game dan masih banyak benda lainnya yang akan kita temukan.
.Terima kasih
terima kasih sudha mengerjakan tugasnya dengan baik.
ReplyDelete