Ulangan Harian Bab 6 Analisis Data Aidan Kelas 8B Absen 03

Soal & Jawaban UH Om Jay Bab 6

  1. Apakah tujuan belajar analisis data?
  2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
    sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?
  3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!
  4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table?
  5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?
  6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?
  7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?
  8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?
  9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data?
  10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?
  11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?
  12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ?
  13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
    index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?
  14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
    dalam meringkas data?
  15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
    sulit digunakan?
  16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
    penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!
  17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?
  18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
    unplugged (tanpa komputer)?
  19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!
  20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan
    pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?

Jawaban

1. Untuk mendeskripsikan sebuah data sehingga bisa dipahami dengan gampang.

2.  Cara mengolah data dengan baik adalah dengan cara menggunakan microsoft excel. Microsoft Excel sangat berguna untuk menganalisis sebuah data dikarenakan dengan shortcut-shortcut bergunanya untuk mengelola data yang banyak.

3. Look up artinya mendapatkan data tentang sesuatu. Vlook up digunakan jika data range tersebut vertikal. Kalau Hlookup digunakan jika range data horizontal.

4. Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu. Peringkasan data tersebut dapat melibatkan proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, dan sebagainya.

5. SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu. Nama Fungsi SUMIFS berasal dari dua kata kunci: “SUM” dan “IFS”, dimana fungsi ini akan melakukan proses SUM (data) apabila (IF) memenuhi (satu atau banyak kondisi). Nama fungsi COUNTIFS berasal dari dua kata kunci: “COUNT” dan “IFS”, dimana fungsi ini akan melakukan proses COUNT (data) apabila IF memenuhi (satu atau banyak kondisi).

6. Pada umumnya data yang akan dikelola berjumlah banyak dan sulit untuk dipahami secara langsung. Dengan melakukan peringkasan data, kalian dapat melihat gambaran secara umum dari data yang dimiliki sehingga analisis data dapat dilakukan dengan lebih baik. Peringkasan data adalah membuat data yang tadinya banyak dan sulit menjadi lebih pendek dan lebih mudah untuk dikelola.

7. Analisis Data sangat penting untuk siswa kelas 8 untuk mempelajari cara meringkas dan membuat data lebih mudah dikelola agar bisa dipakai untuk di kuliah ke atas.

8. Pertama pilih data yang akan dikelola, ke dua pilih insert pada menu bar, pilih jenis grafik yang diinginkan, ketiga atur posisi grafik ke dalam worksheet, terakhir ganti judul grafik untuk judul yang diinginkan

9. Pencarian data di dalam lembar kerja dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi. Pada saat kalian mencari data, ada dua kemungkinan yang dapat diperoleh, yaitu data yang dicari ditemukan (kondisi benar atau TRUE) atau data yang dicari tidak ditemukan (kondisi salah atau FALSE). Fungsi yang dapat digunakan terdiri atas dua kelompok, yaitu: fungsi lookup dan fungsi reference. Pencarian data adalah proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat laptop dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan informasi secepat mungkin.

10. Data yang disusun dalam bentuk tabel dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart. Inilah yang disebut dengan visualisasi data. Visualisasi data memudahkan untuk memahami makna data yang ada, biasanya kegiatan ini disebut dengan analisis data. Visualisasi data adalah proses menggunakan elemen visual seperti diagram, grafik, atau peta untuk mempresentasikan data.

11. proses mengumpulkan data penilitian dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan. Excel menyediakan fitur Tables secara otomatis yang memungkinkan kalian untuk menganalisis data di dalam worksheet secara cepat dan mudah. Fitur yang disediakan dalam Tables adalah filter, sorting, dan total untuk menghitung statistik sederhana. Pada Tables, kalian tidak perlu menunjukkan range data untuk melakukan filter, sorting, ataupun menghitung total karena sudah otomatis ditentukan pada saat pendefinisian Tables. Untuk menghitung statistik sederhana dengan total, rumus tidak perlu dituliskan, cukup memilih dari list yang disediakan.

12. Lookup adalah fungsi yang disediakan aplikasi lembar kerja, dalam hal ini adalah MS Excel untuk mencari suatu data dalam sebuah range.

13. Fungsi match adalah Mengembalikan posisi dari suatu nilai di dalam suatu range tabel satu dimensi. Posisi dimulai dari 1. Fungsi Index adalah mengembalikan nilai dari suatu range dua dimensi, pada alamat sel (posisi baris dan kolom) yang ditunjuk. Fungsi Choose adalah untuk mengembalikan suatu nilai dari sederet nilai, berdasarkan nomor posisi dalam deretan nilai. Perbedaannya adalah match untuk mengembalikan posisi dari suatu nilai di dalam suatu range posisi dimulai dari 1, kalau index untuk mengembalikan nilai dari suatu range dua dimensi pada alamat sel yang ditunjuk, kalau choose untuk mengembalikan suatu nilai dari sederet nilai.

14. Iya, COUNTIFS dan SUMIFS sangat berguna untuk meringkas data dikarenakan, Sumif dapat menambahkan semua argumennya yang memenuhi beberapa kriteria. Dan Countif dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria.

15. Menurut saya COUNTIF lebih susah untuk digunakan daripada SUMIF karena sumif hanya dibutuhkan beberapa kriteria untuk dipenuhi, dan countif dibutuhkan semua kriteria dipenuhi.

16. Iya, karena Absolute reference dapat mengunci sebuah sel jadi jika kita menggunakan SUMIF/COUNTIF sel tersebut tidak akan menjumlah, membagi, mengurang, mengkali dan lain-lain.

17. Iya, materi ini sangat seru dan saya sangat merasa tertantang untuk menganalisis sebuah data.

18. Kesulitan yang saya alami tanpa komputer adalah kita tidak bisa menganalisis data dengan gampang atau cepat dan kita harus melakukan manual jadi harus mengkali, menambah, mengurang, membagi data-data tersebut

19. Makna pivot table dalam kbbi adalah putaran. Pivot table bisa digunakan sebagai alternatif untuk melakukan analisis terhadap data terkait, mengelompokan dan juga meringkas data. Dengan begitu, menggunakan pivot table sama artinya dengan menghemat waktu jadi jauh lebih singkat dan efektif.

20. Iya, saya mengerti dalam memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan pivot table dua dimensi.

Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Bab 9 Praktik Lintas Bidang Informatika

Rangkuman Algoritma Pemrograman Bab 7 Aidan Athaya Arifatmi 8B/03

Ulangan Harian informatika Aidan 8B absen 03